UPT Puskesmas Tanjung Palas Utara


Green Weblog Puskesmas "KREASI"
Gerakkan mouse anda dan silahkan nikmati kembali posting blog kami!

Copyright 2011 rustamedia.blogspot.com - All rights reserved

UPTD Puskesmas Tanjung Palas Utara Bentuk Unit Pelayanan Klinik Sanitasi

IMG00106-20110310-1608Penyakit lingkungan masih merupakan masalah kesehatan yang terbesar di masyarakat, tercermin dari tingginya angka kesakitan penyakit berbasis lingkungan dalam kunjungan ke sarana pelayanan kesehatan. Tingginya angka kesakitan tersebut disebabkan oleh masih buruknya kondisi sanitasi dasar teruma air`bersih dan sanitas, rendahnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), kurang hygienisnya cara pengolahan makanan serta buruknya penatalaksanaan aspek kesehatan dan keselamatan kerja.

Sebagai langkah terobosan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, serta menjawab tantangan tersebut di atas, UPTD Puskesmas Perawatan Tanjung Palas Utara membentuk unit pelayanan yang diberi nama “Klinik Sanitasi”.  Klinik sanitasi adalah Ruang Pelayanan Informasi tentang upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit berbasis lingkungan.  Klinik sanitasi merupakan suatu cara dalam mengatasi masalah kesehatan lingkungan untuk pencegahan dan pengendalian penyakit dengan bimbingan, penyuluhan dan bantuan teknis dari petugas puskesmas, tetapi bukan sebagai unit pelayanan yang berdiri sendiri tetapi sebagai bagian integral dari kegiatan puskesmas.

IMG00107-20110310-1609  Bangunan seluas 10 x 8 meter persegi yang difungsikan sebagai Klinik Sanitasi

Dengan memanfaatkan bangunan yang sebelumnya adalah gudang penyimpanan perlengkapan yang sejatinya adalah ruang penyimpanan mayat yang tidak difungsikan.  Bangunan seluas 10 x 8 meter persegi tersebut kini tertata rapi, jauh dari kesan kumuh dan angker.  Di ruang ini telah dilengkapi perlengkapan konseling dan sarana administrasi seperti meja, kursi, sanitary kit dan visualisasi data. 

  IMG00159-20110331-0900 IMG00160-20110331-0900

Ruangan dalam Klinik Sanitasi, tampak rapi dan tertata rapi

Rencananya kedepan secara bertahap akan diusahakan dilengkapi dengan laboratorium sederhana meliputi pemeriksaan bakteriologis dan kimiawi air bersih, pengambilan dan pemeriksaan sampel makanan dan lain-lain.  Unit pelayanan ini nantinya diharapkan akan melayani bimbingan, penyuluhan dan bantuan teknis, baik untuk pasien penyakit berbasis lingkungan dan klien yang bermasalah dengan kondisi sanitasi yang buruk. Kegiatan ini dapat dilakukan di dalam gedung (puskesmas, pustu, posyandu) dan luar gedung (rumah pasien/kli en). Tujuan dari klinik sanitasi ini adalah mengetahui/menemukan faktor resko lingkungan dari pasien dengan penyakit menular berbasis lingkungan yang akan ditindaklanjuti dengan pengendalian faktor resiko yang dapat mempengaruhi morbiditas penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Twitter Delicious Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger