UPT Puskesmas Tanjung Palas Utara


Green Weblog Puskesmas "KREASI"
Gerakkan mouse anda dan silahkan nikmati kembali posting blog kami!

Copyright 2011 rustamedia.blogspot.com - All rights reserved

Pantau Tumbuh Kembang Balita, UPTD Puskesmas Tanjung Palas Utara Gelar Lomba Balita Sehat

timbang balita Usia di bawah lima tahun (Balita) merupakan usia yang rentan terhadap penularan penyakit TB, Balita akan tertular TB, jika ada penderita TB dewasa di sekitarnya. Ini bisa berarti ayah, ibu, kakek, nenek, pengasuh, supir, saudara, atau orang dewasa lain.

Penularan TB memang melalui udara. Ketika batuk, maka penderita TB akan menebarkan kuman. Nah, kuman ini terhirup oleh Balita, lalu melewati saluran napas dan paru-parunya

Berdasarkan teori, kalau ada orang dewasa terbukti TB positif, maka kira-kira 65% orang di sekitarnya akan tertular. Dari 65% orang ini, sekitar 16% di antaranya akan TB aktif. Jadi, bila ada 1 orang dewasa TB positif, maka kira-kira 10% orang di lingkungannya akan TB aktif. Masalahnya, jika 10% dari orang-orang ini adalah orang dewasa, maka berpotensial menularkannya lagi ke anak-anak.  Sebaliknya, kalau ada anak yang positif TB, pastilah ia tertular orang dewasa di lingkungannya.

Atas dasar itulah UPTD Puskesmas Tanjung Palas Utara tergerak untuk berperan dalam kegiatan pemantauan tumbuh kembang balita dan anak yang diimplementasikan dalam bentuk lomba balita sehat.  Melalui kegiatan Lomba Balita Sehat ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kepedulian orang tua akan pentingnya memantau Tumbuh dan Kembang Balita serta dapat mendeteksi secara dini adanya mesalah kesehatan yang dihadapi bayi dan balita dirumah, terutama bila ada gejala TB pada anggota keluarga baik orang dewasa maupun anak balita.

gigi balita

Pemeriksaan gigi balita

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2011 yang lalu dengan  peserta lomba katagori umur 06 bulan - 12 bulan berjumlah 8 Bayi dan katagori umur 02 tahun - 05 tahun berjumlah 7 Balita.   Kriteria penilaian meliputi gizi yang mencakup berat badan dan tinggi badan. Lalu, pemeriksaan gigi. Kemudian pemeriksaan kesehatan dan pendidikan ibu, juga kesehatan anak.

Setelah melalui proses penilaian, akhirnya berhasil diperoleh pemenang sebagai berikut :

1. Katagori umur 06 - 12 bulan :

a) Juara I : Lutfi Maulana Dzaki (27-10-2009)

b) Juara II : Rizqi Andy Pranata (04-11-2009)

c) Juara III: Anjellika (23-08-2010)

juara k6Foto bersama pemenang kategori umur 06 – 12 bulan dengan Kepala UPTD Puskesmas Tanjung Palas Utara, perwakilan Kecamatan dan Petugas Pustu

2. Katagori umur 2 tahun – 5 tahun :

a) Juara I: Anisa Raya Azzahrah (06-12-2008)

b) Juara II : Vannyra Ardelasae (21-06-2008)

c) Juara III: Samuel Erik Putra (05-06-2008)

juara k2t

Foto bersama pemenang kategori umur 2 – 5 tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Twitter Delicious Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger